Kelebihan dan Kekurangan

1. Vega ZR dan Vega ZR-DB

Kelebihan : bodi keren, ringan, hemat bahan bakar, mudah di Operasikan, gesit
Kekurangan: tidak ada indikator perpindahan gigi, Letaknya di penyelahan mesin yang terlalu mencong kedepan

Perbandingan VegaR vs Vega ZR
Product Name Vega ZR DB Vega ZR DB
Product Type Moped Moped
Product Price Rp. 11,500,000 Rp. 11,800,000
MESIN
Tipe Mesin 4 Langkah Air Cooled, SOHC 4 Langkah SOHCberpendingin udara
Diameter x Langkah 51.0 x 54.0 mm 50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder 110.3 CC 113.7 cc
Perbandingan Kompresi 9.30 : 1 – nodata –
Susunan Silinder Forward-Inclined Single Cylinder Satu silinder mendatar
Kopling Wet, Multiple Disc & Centrifugal Automatic Manual, Basah, Multiplat
Pola Pengoperasian Gigi – nodata – N-1-2-3-4 (Return)
Gigi Transmisi Constant Mesh 4-Speed 4 Kecepatan
Karburator VM 17SH x 1 MIKUNI VM 17 SH x 1 MIKUNI
Sistem Starter Electric Starter & Kickstarter Motor Starter & Starter Engkol
Saringan Udara Mesin Dry Element – nodata –
Daya Maksimum – nodata – 6.5 Kw / 7.500 rpm
Torsi Maksimum – nodata – 8.3 N.m / 4.500 rpm
KELISTRIKAN
Lampu Depan 12V, 32.0W / 32.0W x 1 – nodata –
Lampu Belakang 12V, 5.0W / 21.0W x 1 – nodata –
Lampu Sein Depan 12V, 10.0W x 2 – nodata –
Lampu Sein Belakang 12V, 10.0W x 2 – nodata –
Baterai YB5L-B/GM5Z-3B / 12V, 5.0Ah 12V5AH
Busi NGK/C6HSA / 0.6-0.7 mm C6HSA/W20FS-U
Sistem Pengapian DC. CDI DC-CDI
Sekring 10.0A – nodata –
RANGKA
Tipe Steel Tube Underbone Pipa Besi
Suspensi Depan – nodata – Telescopic Fork
Suspensi Belakang – nodata – Swing Arm
Rem Depan Cakram Hidrolik Cakram Hidrolik / Tromol
Rem Belakang Tromol Tromol
Ukuran Ban Depan 70/90-17 38P 70/90-17M/C38P
Ukuran Ban Belakang 80/90-17 44P 80/90-17M/C44P
DIMENSI
P x L x T 1890 x 675 x 1030 mm 1930 mm x 675 mm x 1055 mm
Tinggi Tempat Duduk 770 mm – nodata –
Jarak Sumbu Roda 1195 mm 1235 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm 126 mm
Berat (Dengan Bensin dan Oli Penuh) 99.0 kg 97 Kg
Kapasitas Tangki 4.2 lt 4.2 lt

2.   Yamaha Mio 125XEON

kelebihan dan kekurangan yamaha xeon, kelebihanya adalah motorcycle ini sangat lincah dan agresif, cocok untuk yang suka ngebut dan bermanuver, tampilan sangat keren dan gagah namun Salah satu ganjalan saat mengendarai Xeon adalah kaca spionnya yang terlalu bulat dan kecil. Jarak pandang kurang efektif meski posisinya sudah dibolak-balik. Situasi dan kondisi di sisi atau belakang pengendara hampir tak terlihat. Rentang sudut buta (blind spot) yang tercipta termasuk besar.
Sasaran utama motorcycle Xeon adalah pria muda. Aspek itu diperlihatkan dengan penampilannya yang agresif dan dinamis. Bagi pria yang mengutamakan performa, pengendalian mantap, dan suka bermanuver, Xeon menjadi alternatif utama di segmennya!
3. Jupiter

Secara umum tampilannya tidak beda jauh dari MX yg sudah ada, cuma warna body nya kebanyakan berwarna gelap nan sporty. dan tentu saja bagian ruang bakar sudah memakai sistem injeksi. gigi 1 nya bisa buat lari sampai 60 km/jam lho! benar2 panjang. gigi 2 nya sanggup membawa MX ijeksi ini sampai 80 km/jam, gigi 3 nya bisa diajak lari sampai 100 km/jam sedang gigi 4 nya bisa lari sampai nyundul 130 km/jam. GILA!

itulah salah satu kelebihan mesin yg pelayanan ruang bakarnya memakai sistem injeksi, bahan bakar dari hasil pengkabutan bensin dengan oksigen itu diinjeksikan ke ruang bakar bukan disedot sehingga membuat kinerja mesin makin optimal. hitungan tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar meski dengan volume silinder yg sama.

selain itu, karena sistem pengolahan injeksi lebih bagus dari karburator, gas bakar jadi lebih efektif terpakai. apalagi jika ditunjang sistem pengapian yg juga sempurna. konsumsi BBM nya jadi lebih irit namun dengan output power lebih besar.

 

4. Mio

Kelebihan : Murah dan irit, kencang, praktis, desain yang menarik, nyaman, lincah dan tangguh
Kekurangan : body kecil, boros bensin,

Mio adalah faktor tangki bahan bakar yang imut, sehingga membuatnya harus sering mampir ke pompa bensin. Kapasitas tangki Mio menurut buku manual ”cuma” 3,7 liter — sama dengan bebek Honda. Masalahnya, motor matik cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggiagar motor bisa bergerak — lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport. Selain itu, penyakit bawaan Mio adalah bunyi tikus di sektor roda belakang.

Dari sisi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Mio dikemas Yamahadengan harga yang relatif terjangkau — masih di bawah bebek. Dilempar dengan dua varian pada umumnya: spoke wheel dan CW. Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. ApalagiYamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya. Dari sisi bengkel, mekanik Yamaha sudah duluan mengenal teknologi CVT sehingga tak perlu khawatir motor ini tidak bisa ”diurus” oleh bengkel.
 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.